EBOOK : BID’AH TANPA SADAR

Judul : Bid`ah Tanpa Sadar

Judul Asli : Al-Bida` al-Yaumiyyah wal Bida` al-Usbu`iyyah

wal Bida` al-Sanawiyyah

Penulis : Minbarul Usrah Wal Mujtama`

Dimensi : 14,5 x 21 cm

Tebal : 112 halaman

Cetakan : Pertama, September 2007

 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah –rahimahullah– pernah berkata: “Orang bodoh itu bagaikan lalat yang tidak hinggap kecuali pada kulit yang terluka, dan ia tidak mau hinggap pada kulit yang normal. Adapun orang yang berakal, dia akan memilah-milah, ini yang baik dan ini yang baik.” (Minhajus Sunnah, VI/150)

Sungguh indah perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah di atas, ringkas tetapi penuh arti. Demikianlah memang keadaan orang-orang bodoh, bagaikan seekor lalat yang tidak pernah berfikir apakah ini baik atau buruk, ini sunnah atau ini bid’ah, ini cantik atau ini jelek, dan ini wangi atau berbau busuk. Lain halnya dengan orang-orang yang berakal, sebelum melaksanakan sesuatu ia akan berfikir dengan matang apa akibat yang akan ditimbulkan, berpahala ataukah tidak, menuai keridhaan atau justru kemurkaan.

Bid’ah… Kalimat ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan praktiknya di tengah-tengah masyarakat bukanlah suatu barang yang baru. Ia begitu laris dan dielu-elukan. Dibudayakan dan dibela mati-matian. Setiap tahun, setiap bulan, setiap pekan bahkan setiap hari. Begitu banyak kaum muslimin yang tertipu dengan perangkap iblis yang satu ini. Tampaknya indah dan menakjubkan, padahal sesungguhnya ia sesuatu yang amat buruk dan menyesatkan.

Buku dengan judul Bid’ah Tanpa Sadar yang di terjemahkan dari buku berbahasa Arab dengan judul Al-Bida’ Al-Yaumiyyah wal Bida’ Al-Usbu’iyah wal Bida’ As-Sanawiyah oleh Minbarul Usrah wal Mujtama’ (Departemen Keluarga dan Sosial) dengan kalimat-kalimatnnya yang ringkas dan pasti mengupas satu persatu amalan-amalan bid’ah yang dilakukan oleh sebagian kaum muslimin dewasa ini. Dengan harapan kita tidak terjerumus ke dalam praktik- praktik bid`ah, baik bid’ah harian, pekanan, bulanan maupun tahunan.

 

Buku ini terbagi menjadi empat pasal.

Pasal pertama berbicara tentang amalan-amalan bid’ah harian seperti bid’ah-bid’ah dalam berwudhu, shalat, berdzikir bahkan tentang masjid pun dibahas dalam pasal ini.

Pasal kedua membahas tentang bid’ah-bid’ah yang dilakukan pada hari Jum’at. Kemudian pasal yang ketiga mengupas bid’ah-bid’ah yang dilakukan pada tiap-tiap bulan selama setahun seperti bulan Muharram, Shafar, Rabi’ul Awwal dan bulan-bulan yang lain. Bahkan bid’ah yang dilakukan pada bulan Ramadhan pun diutarakan dalam pasal ini. Dan pasal yang terakhir membahas bid’ah seputar akidah, membaca al-Quran, Mengurus Jenazah, makan dan minum, pakaian dan perhiasan, serta bid’ah khusus seputar wanita.

Yang menjadikan buku ini sangat berbeda dari buku-buku yang mengupas tentang bid`ah lainnya adalah susunannya yang sangat sistematis, ringkas, dan dikuatkan dengan dalil-dalil dari al-Quran, al-Sunnah, serta perkataan ulama salaf. Pastikan Anda untuk membaca buku ini… Wallahu A`lam Bish Shawab.

Silahkan download dalam format Ebooknya (tidak untuk komersial)

Download

Dipublikasi ulang dari http://ummuvanessa.multiply.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: