EBOOK: DOSA-DOSA BESAR MENURUT AL QUR’AN DAN AS SUNNAH

EBOOK: DOSA-DOSA BESAR MENURUT AL QUR’AN DAN AS SUNNAH

 

al kabaair

Judul buku: DOSA-DOSA BESAR
Judul asli: Al Kabair
Penulis : Imam Adz-Dzahabi
Penerjemah : Abu Zufar Imtihan
Penerbit : Pustaka Arafah, Solo.
Tahun cetakan : Cetakan V Mei 2007
Ukuran ebook : PDF, 418 Halaman
File Size: 16.8 MB

free download 002

 

Buku ini ditulis oleh seorang ulama di abad kedelapan Hijriyah. Beliau adalah Syamsuddin Muhammad bin Qaimaz At-Turkumani, Al-Fariqi, Ad-Dimasqi, Asy-Syafi’i, yang populer dengan sebutan Adz-Dzahabi.

Al-Imam Adz-Dzahabi sangat terkenal dan meninggalkan warisan ilmiyah yang luar biasa banyak dan dituangkan dalam karya tulisnya yang mencapai sembilan puluh buku dalam berbagai bidang seperti hadits, sejarah, biografi para ulama dan lain-lain. Diantara buku-buku beliau yang terkenal adalah Tarikhul-Islam, Siyarun-Nubala’, Mizanul I’tiqad, dan lain-lain.

Kitabul Kabair adalah termasuk buku beliau yang terkenal dan banyak dirujuk. Buku ini menyodorkan antara peringatan, nasehat dan terapi bagi permasalahan-permasalahan yang menimpa umat untuk kemaslahatan dunia akhirat. Yakni tentang dosa-dosa besar, masalah-masalah haram, dan larangan-larangan, yang bila kita tidak tahu sangat mudah untuk menerjang.

Di dalam kitabNya yang mulia Allah Ta’ala menjamin bahwa barangsiapa menajuhi dosa-dosa besar dan larangan-larangan-Nya akan dihapus kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa kecilnya. Allah berfirman,
Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kamu masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” [QS. 4:31]

Boleh jadi kemudian kita akan bertanya apakah dosa-dosa besar itu?

Kita mendapatkan para ulama berbeda pendapat tentang dosa-dosa besar itu; di antara mereka ada yang mengatakan tujuh. Dalil yang menguatkan pendapat ini adalah sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam: “Jauhilah oleh kalian tujuh dosa yang membinasakan.” Ditanyakan kepada beliau, “Apa saja ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “Syirik terhadapa Allah, Sihir, membunuh jiwa (manusia) yang dilarang Allah selain dengan dasar yang dibenarkan (oleh agama), memakan harta anak yatim, memakan riba, berpaling mundur di saat perang, dan menuduh zina terhadap wanita-wanita beriman” [Muttafaqun Alaihi]

Akan tetapi, sebenarnya hadits di atas bukannya membatasi dosa-dosa besar dengan jumlah tujuh. Pengertiannya adalah bahwa barangsiapa melakukan biang dosa-dosa ini, dimana pada dosa-dosa tersebut terdapat hukuman hudud di dunia, sebagaimana membunuh, zina, dan mencuri, atau terdapat ancaman berupa siksaan dan murka di akhirat, atau pelakunya mendapatkan laknat melalui lisan Nabi kia Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, itulah dosa-dosa besar. Pengertian inilah yang dipegang oleh penulis kitab ini, yakni dosa besar adalah semua jenis kemaksiatan yang padanya berlaku hukum hudud di dunia atau ancaman di akhirat, dan kemudian beliau mengangkat tujuh puluh masalah (dosa).

Penulis (Adz-Dzahabi) memulai pembahasan dari dosa besar yang paling besar yakni syirik kepada Allah yang dapat menyebabkan pelakunya kekal di neraka, ditolak semua amalnya dan tidak akan pernah diampuni selama-lamanya. Kemudian memasukkan masalah seperti membunuh, sihir, meninggalkan shalat, tidak mengeluarkan zakat, buka puasa di bulan ramadhan tanpa udzur, mendurhakai orang tua, mengadu domba, ingkar janji, dan lain sebagainya yang berjumlah tujuh puluh. Adapun masalah terakhir yang disampaikan adalah tentang menghina sahabat nabi.

Dalam buku Al-Kabair ini, tergambar bahwa Adz-Dzahabi sangat peduli terhadap berbagai kemaslahatan, pelurusan aqidah serta moral manusia. Disajikan dengan gaya bahasa ilmiyah yang sangat mudah. Dapat dibaca oleh kalangan awam maupun ulama. Sangat cocok sebagai peringatan bagi orang yang lengah dan bingung, disamping sebagai rambu-rambu pemandu jalan menuju keridhaanNya.

Demikian sedikit info tentang kitab warisan ulama salaf ini dan semoga bermanfaat.

Referensi dinukil dari http://ikhwan-interaktif.com [link sudah tidak aktif]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: