Ilmu dan Kedudukan Pemiliknya

Ilmu dan Kedudukan Pemiliknya 

Cerita ini adalah cerita yang sederhana banyak orang hanya menganggapnya sebagai potongan besi yang tidak ada harganya padahal cerita ini adalah potongan emas yang sangat berharga dari seluruh cerita panjang orang – orang yang memeliki ketinggian hidup. Setiap orang yang membacanya maka pandangannya selalu ingin kembali kepada cerita ini walaupun matanya terasa amat lelah. Indahnya cerita ini bukan karena susunan bahasanya yang indah akan tetapi sosok yang menjadi tokoh dalam cerita ini adalah orang yang terkumpul padanya seluruh kebaikan yang diidamkan setiap orang. Az- Zahabi berkata tentang tokoh ini : ( Dia adalah sosok yang bagus rupanya dan akhlaknya dalam Ilmunya, luas pengetahuannya, penyantun dan senantiasa kembali kepada Allah dan Rosulnya). Dia dalah Umar Bin ‘Abdul ‘Aziz yang namanya tertulis dengan tinta emas sejarah.   

Cerita ini bermula ketika Umar Bin ‘Abdul ‘Aziz menjadi seorang khalifah datanglah utusan dari semua negri kepadanya  dan beberapa dari mereka adalah utusan penduduk Hijaz. Setelah mereka berhadapan langsung dengan Umar Bin ‘Abdul ‘Aziz tiba – tiba berdirilah orang yang paling muda umurnya dari utusan penduduk Hijaz dan dia ingin memulai pembicaraan. Maka Umar langsung berkata kepada anak yang  masih belia usianya : Hai anak muda seharusnya yang berkata lebih dulu orang yang lebih tua darimu.   

Kemudian anak muda ini berkata : ( Wahai Amirul Mu’minin. Sesungguhnya seseorang itu tergantung dengan dua hal yang sangat kecil yaitu hatinya dan lidahnya, Dan jika Allah memberi kepada seorang manusia lidah yang bisa berbicara (dengan ilmu –pentrj-)  dan hati yang terjaga ( dari subhat dan syahwat -penterj-) maka dia adalah orang  yang berhak berbicara, dan kalaulah sebuah urusan tergantung dengan umur maka siapa lagi yang lebih berhak di majlis ( pertemuan ) ini dari mu ( untuk berbicara karena engkau lebih tua dari kami seluruhnya -pnterj-). Kemudian Umar Bin Abdul Aziz terperanjat dan terkagum dari apa yang diutarakan oleh anak yang masih sangat hitam rambutnya dan kemudian dia berkata  kepada seluruh yang hadir : 

تَعَلـّóــمُ فَلَيْسَ المَرْءُ يُوْلَدُ عَالِمً               وَلََيْسَ أَخُوْ عِلْمٍ كَمَنْ هُوَ جَاهِلُ

Belajarlah ! Karena tidaklah seseorang dilahirkan sebgai orang berilmu

Dan tidaklah orang yang berilmu seperti orang yang bodoh

وَ إِنَّ كَبِيْرَ القَوْمِ لاَ عِلْمَ عِنْدَهُ     صَغِيْرٌ إِذا التَفَّتْ عَلَيْهِ المَحَافِلُ

Dan sesungguhnya orang yang besar di kaumnya akan tetapi tidak memiliki ilmu adalah orang yang kecil

Seketika itu juga akan berpaling darinya majelis itu       ( kesempatan untuk berbicara ) 

Inilah cerita singgkat yang hanya terdiri dari beberapa pengalaman pecakapan akat tetapi didalamnya ada mutiara.Nah sekarang, Pembaca yang setia sekarang sudah ada dibenak kita pulahan buah pelajaran yang siap dipetik diantaranya : 

Keutamaan orang yang berilmu dari seluruh manusia karena orang – orang yang beriman dan berilmu yang Allah angkat derajatnya

Orang yang besar disuatu Kaum bukanlah orang yang tua usianya, beruban rambutnya akan tetapi ilmulah yang akan menjadikan sesorang itu besar.

Orang yang berilmu tidak bisa dibandingkan dengan orang yang menjauhkan dirinya dari ilmu dan orang – orang yang berilmu.

Orang yang memiliki hak untuk berbicara terhadap suatu perkara adalah orang yang memiliki ilmu yang tergera lidahnya dengan ayat – ayat Allah dan perkataan – perkataan rosul dan orang yang terjaga hatinya dari syubhat  dan syahwat karena dua penyakitini yang menenggelamkan seseorang.

Dan setiap orang yang lahir bukan muncul sebagai orang yang berilmu lalu apa yang membuatkita untuk membiarkan diri kita dari kebodohan ?  

Dan sederetan buah masih menanti untuk dipetik oleh orang yang mau mengambil pelajaran. 

Sumber http://hang106.or.id/?p=61#more-61

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: